Lebaran Tidak Mudik, Senang atau Sedih?


Lebaran tahun 2010 tinggal hitungan jari. Idul Fitri selalu diidentikkan dengan mudik atau pulang kampung (kalo rumah orang tua atau nenek-kakeknya di kota, berarti pulang kota, hehe). Uniknya budaya mudik ini hanya terjadi pada masyarakat Indonesia yang tercinta ini. Saat Idul Fitri tiba, berbondong-bondong warga yang pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Moment Idul Fitri dijadikan ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan bagi seluruh umat muslim. Untuk yang kampung halamannya jauh, mungkin akan menginap beberapa hari di rumah orang tua/kakek-neneknya masing-masing. Hal inilah yang membuat rumah yang ditinggal mudik menjadi sepi. Bagi yang kampung halamannya dekat, kemungkinan tidak akan berlama-lama atau hanya sebentar saja singgah di rumah orang tua/kakek-nenek mereka.

Kebetulan sekali gue adalah orang yang memiliki kampung halaman yang dekat. Hanya perlu waktu 1,5 jam perjalanan dari rumah gue ke rumah kakek-nenek. Lebaran tahun ini, mungkin akan terasa seperti lebaran-lebaran sebelumnya: kurang greget. Namun, tampaknya kedekatan antara rumah gue dan rumah kakek-nenek gue ada sisi baiknya pula. Gue dan keluarga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket mudik, atau bensin untuk kendaraan pribadi. Lebih irit lah, hehe..

Tapi, gue sangat penasaran gimana rasanya pulang kampung. Gimana rasanya macet-macet di jalan, perjalanan jauh, berlibur di rumah kakek-nenek untuk waktu yang panjang, menikmati alam pedesaan. Puh, it must be so much fun if i can feel that moment. Tapi, gue harus bersyukur aja dengan kondisi gue sekarang ini. Dan, gue berjanji sama diri gue sendiri: gue harus punya istri yang kampung halamannya jauh dari rumah gue. Biar bisa ngerasain indahnya mudik, halah..

Lebaran tidak mudik? Senang-senang saja. Perasaan itu diciptakan oleh kita sendiri. Kenapa gue harus sedih bila gue bisa memilih untuk merasakan senang?
😀

2 thoughts on “Lebaran Tidak Mudik, Senang atau Sedih?

Leave a Reply

