Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, STAN


Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementrian Keuangan. Instansi yang membawahinya adalah Badan Pengawasan Pelatihan Keuangan (BPPK). Setiap tahunnya STAN membuka kesempatan bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk dapat menjadi mahasiswanya.

Sampai dengan saat ini, dalam mengikuti kegiatan perkuliahan di STAN sama sekali tidak dipungut biaya sepersen pun alias gratis. Ini merupakan sebuah kesempatan besar yang baik bagi para masyarakat yang mengalami kendala biaya untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Para lulusan STAN nantinya pun akan ditempatkan di wilayah Kementrian Keuangan seperti Dirjen Pajak, Dirjen Anggaran, Dirjen Bea dan Cukai, BAPEPAM, BPPK, BPKP dsb. Selain instansi di bawah Kementrian Keuangan, biasanya lulusan STAN juga dapat ditempatkan di Pemerintah Daerah (PEMDA), BPK dan Kementrian lain yang telah mengajukan para lulusan STAN untuk di tempatkan di wilayahnya.

Di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara terdapat 6 (enam) jurusan yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa, diantaranya adalah:

  1. Akuntansi
  2. Pajak
  3. Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN)
  4. Pajak Bumi dan Bangunan
  5. Kebendaharaan Negara
  6. Kepabeaan dan Cukai

Untuk dapat menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, para calon mahasiswa sebelumnya harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) STAN terlebih dahulu. Ujian ini biasanya berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Bali, Medan, Palembang. Biaya uang pendaftaran USM STAN untuk tahun 2010 adalah sebesar Rp 150.000,-.

Para peminat harus bersaing ketat untuk memperebutkan bangku di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Tiap tahunnya, peserta USM STAN yang mendaftar adalah sebanyak 100.000-an orang, sedangkan bangku yang tersedia untuk para mahasiswa hanyalah sebanyak 1.500-2.000 bangku. Meskipun demikian, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menikmati bangku perkuliahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

USM STAN (2010) terdiri dari 180 soal, yang terdiri atas soal Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 120 soal dan soal Bahasa Inggris sebanyak 60 soal.  Tiap bagian soal terdapat ketentuan nilai mati, yaitu setiap bagian soal harus benar sebanyak 2/3 atau lebih dari jumlah soal. Dengan kata lain, seorang calon mahasiswa dikatakan gugur apabila memiliki jawaban salah sebanyak lebih dari 1/3 jumlah soal. Selamat mencoba..🙂

Link Terkait

www.stan.ac.id

Jadwal Daftar Ulang STAN 2010/2011

Peta Wilayah Sekitar Kampus STAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s