Kenali Depok Lewat Bentuk, Arti dan Lambang Kota Depok


Tak kenal maka tak sayang. Berangkat dari kalimat tersebut, aku mencoba mengenali Kota Depok melalui Lambangnya. Memang aku bukanlah seorang yang tinggal di wilayah Kota Depok, namun aku penasaran dengan Kota yang sering di elu-elukan oleh banyak orang itu. Dengan alasan tersebut, aku mencoba menelaah apa yang ada di Kota Depok dengan menginterpretasinya lewat lambang. Agar tidak terkesan sok tahu dengan interpretasiku nanti, berikut disajikan Peraturan Daerah Kota Depok no. 1 tahun 1999 tentang Bentuk, Arti dan Lambang Kota Depok:

PERATURAN DAERAH KOTA DEPOK

Nomor : 01 Tahun 1999

Tentang Hari Jadi dan Lambang Kota Depok

BENTUK, ARTI, LAMBANG KOTA DEPOK

1. Lambang Kota Depok berbentuk Perisai bersisi 5 (lima) dengan warna dasar biru yang didalamnya terdapat gambar, warna dan bentuk serta di bagian atas terdapat tulisan “KOTA DEPOK” dan dibagian bawah terdapat tulisan  “PARICARA DHARMA” dengan warna putih.

2. Lambang  Kota terdiri dari 3 (tiga) bagian, dengan perincian sebagai berikut :

a. Bagian Depan terdiri dari :

1.       Gambar Kujang dengan posisi tegak;

2.       Kujang merupakan senjata/alat kerja masyarakat Jawa Barat, Kujang dianggap sebagai manifestasi satria-satria Pajajaran, yang identik dengan nilai-nilai kejuangan pahlawan Depok, yang memiliki sifat tak gentar dalam menegakkan kebenaran dan rela berkorban;

3.       Pada gambar Kujang terdapat 2(dua) buah Lubang, dengan lengkungan luar sebanyak 7 (tujuh) buah dan tangkai (gagang) mempunyai lekukan 4 (empat) buah, yang dikelilingi rangkain padi dan bunga kapas yang terdiri dari 9 (sembilan) butir padi dan 9 (sembilan) kuntum bungan kapas yang mempunyai arti Kota Depok dilahirkan pada tanggal “27 April 1999”. Padi dan Kapas melambangkan cita-cita pemerintahan dan masyarakat Kota Depok guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran;

4.       Di bawah gambar Kujang terdapat gambar sebuah mata pena dan gambar sebuah buku terbuka, yang melambangkan Depok sebagai Kota Pendidikan.

b.Bagian Tengah terdiri dari :

1.       Gambar Pendopo merupakan simbol Pusat Pemerintahan Kota Depok dalam melaksanakan tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

2.       Gambar Bangunan Gedung melambangkan Kota Depok sebagai Kota Pemukiman serta sebagai pusat perdagangan dan jasa;

3.       Gambar tumpukan batu bata membentuk rangkaian kesatuan yang menggambarkan dinamika masyarakat Kota Depok dalam melaksanakan Pembangunan di segala bidang;

4.       Gambar gelombang air menggambarkan aliran sungai yang mengalir di wilayah Kota Depok melambangkan kesuburan serta menunjukkan Depok sebagai Kota Resapan Air;

c. Bagian dasar terdiri dari :

1.       Bentuk Perisai yang memiliki 5 (lima) sisi melambangkan tameng dan benteng, yang mampu mengayomi, memberikan rasa aman dan tenram baik lahir maupun batin bagi masyarakat Depok serta melambangkan ketahanan fisik dan mental masyarakat Depok dalam menghadapi segala macam gangguan, halangan dan tantangan yang datang dari manapun juga terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Dan ke 5 (lima) sisi tersebut melambangkan pula fungsi/pesan yang diemban oleh Pemerintah Kota Depok yaitu sebagai :

a)      Kota Pemukiman;

b)      Kota Pendidikan;

c)       Pusat Perdagangan dan Jasa;

d)      Kota Wisata;

e)      Kota Resapan Air;

2.       Tulisan “Kota Depok” menunjukkan sebutan bagi Kota dan Pemerintah Kota Depok;

3. Tulisan Paricara Dharma : berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari kata Paricara yang berarti Abdi, sedangkan Dharma adalah kebaikan kebenaran dan keadilan jadi Paricara Dharma mengandung makna bahwa Pemerintah Kota Depok sebagai Abdi Masyarakat dan Abdi Negara senantiasa mengutamakan kepada kebaikan, kebenaran dan keadilan.

Warna dalam lambang Kota mempunyai arti sebagai berikut :

a. Kuning emas melambangkan kemuliaan;

Merah bata melambangkan keberanian;

Putih melambangkan kesucian;

Hijau melambangkan harapan masa depan serta menunjukkan  Daerah yang  subur;

Hitam melambangkan keteguhan;

b.Warna Biru melambangkan keluasan wawasan dan kerjernihan pikiran.

Sumber Tautan

Oke, berikut interpretasi dari aku tentang Bentuk, Arti dan Lambang Kota Depok:

Bentuk

1. Perisai bersisi lima

Perisai adalah tameng yang telah dikenal lama dalam kebudayaan dan peradaban asli Indonesia sebagai bagian senjata yang melambangkan perjuangan dan perlindungan diri untuk mencapai suatu tujuan.

Bersisi lima, menunjukkan Pancasila sebagai dasar dari Negara Republik Indonesia yang terdiri dari 5 sila. Bentuk lambang bersegi lima ini hampir ditemukan di semua lambang instansi pemerintahan Indonesia. Lambang Kota Depok yang bersisi lima ini menunjukkan bahwa Depok adalah salah satu kota yang berada di wilayah Republik Indonesia.

5 (lima) sisi tersebut melambangkan pula fungsi/pesan yang diemban oleh Pemerintah Kota Depok yaitu sebagai :

a)      Kota Pemukiman;

b)      Kota Pendidikan;

c)       Pusat Perdagangan dan Jasa;

d)      Kota Wisata;

e)      Kota Resapan Air;

a) Kota Pemukiman

Di depok terdapat banyak pemukiman yang nyaman. Tidak berlebihan jika satu dari ke lima sisi dalam Lambang mewakili Kota Depok sebagai Kota Pemukiman.

b) Kota Pendidikan

Sudah menjadi rahasia umum bila Kota Depok merupakan Kota Pendidikan. Hal ini terlihat dari adanya kampus Universitas Indonesia yang berada di wilayah Depok. Universitas peringkat atas di Indonesia ini menjadi salah satu ikon pendidikan kebanggaan Kota Depok.

c) Kota Pusat Perdagangan dan Jasa

Banyaknya lokasi-lokasi perdagangan dan jasa di Kota Depok seperti di Jalan Margonda Raya, poros Jalan Arief Rahman Hakim, Nusantara dan Dewi Sartika, Jalan akses UI, jalan Raya Bogor-Cimanggis, Jalan Raya Parung-Sawangan, Pusat Cinere-Limo, menjadikan Depok sebagai salah satu Kota Pusat Perdagangan dan Jasa di Jawa Barat, Indonesia. Ini membuat Kota Depok menjadi lahan bisnis yang subur bagi para pengusaha di bidang perdagangan dan jasa. Waw!


d) Kota Wisata

Masjid Dian Al-Mahri a.k.a Masjid Kubah Mas, kuliner Es Pocong, Tourist Informasi Center (TIC) atau Pusat Informasi Pariwisata menjadi daya tarik Kota Depok dalam hal pariwisata. Pantas saja di salah satu sisi dari lima sisi lambang terdapat bagian Kota Wisata.

e) Kota Resapan Air

Kawasan resapan air Depok meliputi hutan, lahan pertanian, situ, dan sebagian lapangan golf.

Gambar

1. Kujang

Kujang merupakan senjata khas tradisional. Benda ini dimasukkan (mungkin) untuk mengingat para pahlawan yang telah berjasa dalam mempertahankan Kota Depok dari penjajahan bangsa asing.

2. Mata Pena dan Buku

Keberadaan mata pena dan buku dalam lambang Kota Depok menunjukkan konsistensi Depok sebagai Kota Pendidikan di Jawa Barat, Indonesia. Mata Pena adalah tempat keluarnya tinta, menggambarkan sebuah ilmu telah dikeluarkan untuk orang-orang yang mencarinya. Buku adalah kumpulan kertas kosong, siap dituliskan oleh ilmu-ilmu yang keluar dari mata pena. Jika diibaratkan, mata pena adalah seorang guru dan buku adalah seorang murid. Interaksi guru-murid yang terlukiskan dalam sebuah mata pena serta buku ini tercantum dalam lambang Kota Depok.

3. Padi dan Bunga Kapas

Padi merupakan sumber makanan pokok di Indonesia. Adanya gambar padi dalam lambang Kota Depok menunjukkan bahwa Kota Depok merupakan sumber penghidupan masyaraktanya.

Bunga Kapas memiliki fungsi medis yang sangat banyak. Gambar bunga kapas dalam lambang Kota Depok menunjukkan bahwa untuk warga masyarakatnya, Kota Depok memberikan pelayanan kesehatan secara GRATIS!

4. Bangunan Gedung dan Pendopo

Bangunan gedung dan pendopo menunjukkan Kota Depok merupakan kota pemukiman yang menyediakan tempat pemukiman yang nyaman serta cukup untuk para masyarakatnya.

5. Tumpukkan Batu Bata

Sebuah bangunan terbentuk dari tumpukan batu bata yang disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan gedung yang kokoh. Penekanan kata bangunan dan kokoh memperlihatkan bahwa gambar tumpukkan batu bata dalam  lambang Kota Depok adalah sebuah gambaran dari Kota Depok itu sendiri, yaitu sebuah pemerataan pembangunan yang berjalan seiring perkembangan zaman dan tetap kokoh walaupun dalam fase pembangunan tersebut.

6. Gelombang Air

Gambar gelombang air dalam lambang Kota Depok, menyimbolkan kalau Kota Depok adalah sebuah kota di mana terdapat banyak daerah resapan air.

Warna

1. Biru

Air, kesejukkan dan kebersihan. (Kota Resapan Air)

2. Hijau

Pertumbuhan, kesuburan. (Kota Perdagangan dan Jasa)

3. Hitam

Kekuatan, kokoh. (Kota Pemukiman)

4. Kuning emas

Intelektualitas. (Kota Pendidikan)

5. Merah Bata

Energi, gairah, semangat, kemakmuran. (Kota Wisata)

6. Putih

Kebersihan, kesucian, kebaikkan, klinik. (Pelayanan Kesehatan Gratis)

Angka

  • Lubang pada gambar kujang sebanyak 2 (dua) buah.
  • Lengkungan pada gambar kujang ada 7 (tujuh) buah
  • Lengkungan pada gagang kujang sebanyak 4 (empat) buah
  • Bulir padi ada 9 (sembilan) dan bunga kapas sebanyak 9 (sembilan) buah

Terdapar angka 2, 7, 4, 9 dan 9.

Angka ini mencerminkan tanggal lahir Kota Depok, yaitu 27 April 1999


My Conclussion:

Benar-benar sebuah lambang yang detail dan mencerminkan keadaan serta kondisi Kota Depok yang sebenarnya. Uniknya lagi, menurut saya lambang tersebut bukan hanya mencerminkan keadaan Kota Depok di masa sekarang saja, tapi juga merupakan sebuah visi serta misi yang tergambar dari Tumpukkan Batu Bata dan gambar-gambar lainnya.

2 thoughts on “Kenali Depok Lewat Bentuk, Arti dan Lambang Kota Depok

  1. Iyaaa doongg. Depok kan tempat gw lahir. Jd pengen kesana. :’) walaupun skrg udah padet n macet tp masih tmpt tercinta. Bahahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s