Syarat Masuk STAN


Hmm, pasti lo lagi cari-cari tempat kuliah ya? Bagus, murah, berkualitas dan cepet dapet kerja alias langsung terserap menjadi tenaga kerja dan gak nambahin angka pengangguran di Indonesia. Yup, lo tepat! Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah pilihannya.

Oke, kalo lo gak percaya, nih gua kasih kelebihan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya.

1. Gratis Biaya Pendidikan
Iya, beneran! Kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bener-bener gak dipungut biaya sepersen pun! Mulai dari Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP/mungkin pas sekolah uang gedung), Biaya Operasional Pendidikan (BOP/uang bayaran lah kalo pas SMA) itu Rp 0 (nol rupiah). Man, lo bener-bener dibiayain sama Negara kalo kuliah di STAN. Buku-buku gak usah khawatir, lo dipinjemin! Ato kalo di perpus kehabisan lo bisa beli sendiri/foto copy. Ya, itung-itung investasi masa depan lah kalo beli buku. Seinget gua, pas masuk STAN itu gua ngeluarin duit pas pendaftaran Rp 100.000 dan daftar ulang Rp 630.000 (jaket almamater, ospek, bem dll).
2. Langsung Terserap di Lapangan Kerja
Gak usah pusing-pusing buat cari kerja lagi kalo lo kuliah di STAN. Lah iya, wong setelah lulus lo langsung diangkat jadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan. Wooww.. Tenang, buat lo yang gak mau jadi PNS lo bisa tunggu sampe 10 tahun masa ikatan dinas kok. Atau keluar dari PNS dengan membayar sejumlah uang tertentu sebagai biaya ganti pendidikan yang udah lo tempuh di STAN.
3. Uang Saku
Lo bakal dapet uang saku kalo kuliah di STAN. Gak banyak sih, pas gua itu Rp 40.000/bulan yang dikasihnya tuh per 3 (tiga) bulan yaitu Rp 120.000

Nah, gitu kira-kira itu kelebihan STAN dibanding Perguruan Tinggi lain. Pasti lo nanya-nanya kan, apa aja sih syaratnya buat bisa jadi mahasiswa STAN. Nah ini dia nih syaratnya, cuma 1:
1. LULUS UJIAN SARINGAN MASUK STAN. Thats it!

Woaaa… Cuma 1 syaratnya. Nah, lanjut lagi ke pertanyaan berikutnya. Untuk bisa ikut Ujian Saringan Masuk, lu harus punya kriteria berikut:
1. Lulus SMA jurusan IPA/IPS atau SMK jurusan akuntansi dengan tahun kelulusan max 3 tahun dari tahun lo ikut USM. Jadi di tahun 2011 ini yang berhak ikut cuma lulusan tahun ’09, ’10 dan ’11 tentunya.
2. Rata-rata nilai ujian tulis lo harus 7,5. Maksudnya ya rata-ratanya harus 7,5 gak masalah kalo ada nilai dibawah 7,5 asal rata-ratanya memenuhi tu angka. Kalo gua waktu itu mepet banget rata-ratanya: 7,64. Hehe
3. Bayar uang USM. Nilainya tergantung, kalo gua tahun 2008 itu Rp 100.000, tahun berikutnya 2009 dan 2010 itu Rp 150.000
4. Foto Copy Ijazah yg udah dilegalisir atao Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yg udah dilegalisir juga.
5. Foto copy KTP
6. Foto 3×4 sebanyak 3 lembar. Syarat ini pas tahun gua loh yaa..
7. Khusus buat lo yang mau masuk Spesialisasi Bea Cukai, tinggi lo harus 165 cm, gak berkacamata dan ada tes fisik tambahan setelah lo lulus tes tulis.

Gimana? Udah kebayang kan apa aja yang mesti lo persiapkan? Sekarang mending lo fokus UN biar nilai rata-rata lo bisa masuk syarat yang ditentukan. Semangat yaaa!!

 

Follow @adichal untuk celoteh unik terbarunya

141 thoughts on “Syarat Masuk STAN

    • Aduh, Ci.. Sory, mory, strawberry.. Peraturannya Spesialisasi Bea Cukai hanya untuk laki-laki. Jadi gak bisa buat cewek, soalnya pendidikannya agak “semi militer” gitu. Terus denger-denger sih ada mata kuliah tembak-menembak juga, hehe..
      Kalo Cici tetep kekeuh mau masuk Bea Cukai, kayaknya harus transgender dulu deh. Hehe,πŸ˜€

  1. kalo jrusan slain bea cukai yg paling bagus apa nih ?? khususnya buat cewe.. syg bgt ga bisa msuk bea cukai yah..😦

      • kak,kalau mau ke stan , bagus nya smk apa sma ya? kasih saran dong hehe

      • Hai aulia,
        SMA atau SMK sama aja ko. Masing-masing punya kelebihan. Kalau boleh kasih saran, Aulia masuk SMA aja biar lebih umum pelajaran yang Aulia dapatkan. Tapi kalau Aulia memang bener-bener suka sama akuntansi dan mau fokus, masuk SMK deh. Hehehe..
        semoga membantu ya Aul.πŸ™‚

    • Lebih tepatnya sih Indeks Prestasi (IP – semester ganjil) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK – semester genap) de. Jadi setiap semester ada syarat batas IP dan IPK minimum. Kalau IP minimumnya 2,40 dan kalau IPK minimumnya 2,75. Itu semua dari skala 4,00 (empat koma nol nol). Bingung ya? Makanya jangan fokus sama itu dulu, kalau sudah masuk pasti ngerti dan gak sulit kok mencapainya.πŸ™‚

    • Halo Dilla..
      Ga harus lancar ko, tapi itu salah satu tesnya ada tes Bahasa Inggris. Pas kuliah pun ada mata kuliahnya ko 6 SKS.πŸ™‚
      Makasi udah mampir ya..πŸ˜‰

  2. kak aku tinggal di KalBar… Gmana mo’dapet info ttg STAN tc susah bangat.. Ujian tinggal bentar lagi trus gak tau apa yg harus di siapin buat USM STAN

  3. Hey Mirna..
    Wah, temenku ada yg dari Kalsel lho. Ntar aku tanya dia dulu ya gimana cara dapetin infonya untuk daerah Kalimantan. Soalnya jujur, aku juga kurang tau. Kalo infonya udah aku dapetin, ntar aku kirim ke email kamu aja ya..
    Thanks
    πŸ˜‰

  4. Mas kalau masuk STAN tesx apa saja?
    Tlong penjelasanx bserta bobot yg d ambil tiap yang di teskan
    maksud saya berapa % bobot dari tiap bidang yang di tes

  5. kk mau nanya nih?
    kan saya pernah patah tulang paha, tapi gag terlalu kentara sih.
    bisa masuk STAN gag???

  6. anak sy seklh d smk jursn : IT ,alhamdulillah dari kls 1 sampai saat ini rangking terus nilai rata2:8. skr kls : 3 ingin ke STAN ,apa kh smk jursn tsb bisa. dan msk ke jurusan fak apa? trm ksh. slm sukses sllu.

  7. masa gak boleh ya klk cewe masuk bea cukai cuma gara” agak kemiliteran gitu trus ada tembak”an gpp lah ya aku kan anak pramuka jadi klk kemiliteran udah biasa lah ka

    • Boleh kok Sisca cewe masuk DJBC saat penempatan. Tetapi pas mengambil jurusan, cewe gak boleh ambil jurusan kepabeaan dan cukai. Ada beberapa temenku yang sekarang penempatan di DJBC dari jurusan akuntansi. πŸ™‚

  8. Ya,,kyax y sih ,.gue trtarix tux msuk k situ,.. Tpi gue msih nggu 2 thn lg,,nh,..pkir-pkir lma,..susah jg sih,..
    Tapi liat ja dh,..
    Gue bkal msuk universitas mna,..
    Ok smpai d sni dlu,..
    Nti gue lanjutin,..

    Hehe,..

  9. Kalo SMK Jurusan Pemasaran bisa masuk STAN ngga? soalnya jurusan pemasaran belajar pajak jadi kalo stan paling cuman bisa prodip bidang pajak doang ya ?

  10. kak, masalah persyaratan minus mata untuk bs ikut tes STAN itu giamana ya kak?
    kl minus nya smp minus 5, apa msh bisa ikut tes di STAN? makasi kak.

  11. ka , tes lisannya itu seperti apa ya ?
    dan klo lulusan SMA tahun 2015 , masih bisa menerima siswa lulusan SMA jurusan ipa ?

  12. hy ka, aku siswi dari SMK jurusan administrasi perkantoran. aku mau tanya kalo jurusan administrasi perkantoran itu masuk STAN bisa gak ya? mohon banget infonya yah ka. trims

  13. saya di matematika jeblok banget dan ekonominya juga gak bagus. tapi kalo di bahasa inggris saya bisa kaa, bahkan bisa dibilang lebih dari sekedar bisa, kira2 bisa keterima di stan gak ya?

  14. ka boleh ga sih masuk STAN dengan nilai rata2 UN dibawah 7 tapi nilai ujian tertulis secara keseluruhan diatas 8??makasi ya ka atas jawabannya:D

  15. Kak, masuk stan pelajran nya bnyk ipa atau ips, soalnya sekolah aku lg penjurusan, masih bingung nih, lebih baik ipa/ips? Biar gk salah pilih.. Makasih..

  16. Maaf mau tanya, klo misalkan aku ngambil SMK jurusan Pemasaran bisa msuk STAN gak yaa??? Tlg di jwb ya min, trima kasih:)

  17. Kak, apa hny lulusan SMK akuntansi sja yg boleh ditrma di STAN? Klu smk dgn jurusan lain kyk IT itu boleh nggak?

  18. hi kak. aku skrg kelas 11 mau naik kls 12. berencana masuk STAN. dan ini ada sistem jalur SNMPTN/SBMPTN seperti di ptn yg lainnya atau bukan? lalu apa saja yg harus di persiapkan dr skarang? thanks.

    • Hi Regina,

      Tidak seperti PTN, seleksi masuk STAN itu tersendiri. Hal yang harus kamu persiapkan, nilai syarat untuk dapat mendaftar di STAN. Soalnya, kalau nilai kamu tidak memenuhi rata-rata yang dipersyaratkan, kamu sudah tidak boleh mendaftar dan gagal di awal.

      Good luck ya!

  19. Kak maaf mau tanya. Kalo lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) bisa masuk STAN enggak?
    Tapi tiap semesternya alhamdulillah dia dapat rangking 1 di kelasnya, skrng baru masuk kelas 12. Mohon jawabannya kakπŸ˜‰

  20. kak, untuk test STEM, STIS, dan sebagainya yang merupakan ikatan dinas itu sama kah dengan test nya STAN yang menggunakan TPA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s