Satu Lagi, Batik Jumputan


Setelah tulisan tentang jenis-jenis batik menurut cara pembuatannya di sini, ternyata salah seorang teman mengabari kalau ada satu jenis batik lagi yang belum dibahas, Batik Jumputan namanya. Dan, ternyata batik jumputan pun pernah aku praktekkan saat SMP dulu.

Batik Jumputan atau biasa dikenal dengan Batik Rintang adalah sebuah kain yang teknik pewarnaan motifnya dilakukan dengan cara pencelupan di bagian-bagian tertentu dengan cara mengikatnya memakai tali atau dijahit. Jadi, tidak seperti batik tulis atau batik cap, proses dalam pembuatan batik jumputan tidak memerlukan canting ataupun malam.

Batik jenis ini berasal dari daerah Jepang dan telah ada sejak 3.000 sebelum masehi. Shibori adalah nama untuk batik jumputan di Jepang yang memiliki arti ikatan. Di Indonesia sendiri, batik jumputan dapat kita temui di daerah Yogyakarta, Surakarta, Palembang, Bali dan Kalimantan Selatan.

Batik Jumput

Batik Jumput berbatik.com

Cara pembuatan batik jumputan ini sangatlah unik, kain yang ingin diberi motif harus kita ikatkan dengan benang yang kuat atau dijahit terlebih dahulu. Di dalam kain yang akan dicelupkan pewarna tersebut dapat kita masukkan bandul atau kelereng sebagai pemberat agar proses pewarnaannya menjadi maksimal. Uniknya, motif yang tampil dari batik jumputan ini tidak pernah sama walaupun cara pembuatannya kita lakukan dengan proses yang serupa. Inilah yang menjadikkan Batik Jumputan limited edition.

Peralatan dan bahan yang diperlukan dalam membuat batik jumput ini sangat sederhana dan dapat kita peroleh dengan mudah. Alat tersebut diantaranya adalah benang, jarum, tali, bandul/kelereng, ember dan kuas. Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan hanyalah kain mori untuk membatik serta pewarna. Nah, dengan peralatan dan bahan-bahan yang mudah itu kita bisa membuat batik jumputan sendiri di rumah untuk membuktikan kreatifitas serta kecintaan kita terhadap batik.

Bagaimana? Apakah kamu berani membuat batik jumput hasil kreasimu sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s