The 5 Things We Cannot Change, David Richo – Book Review


Hidup tidak selalu indah, langit tak selalu cerah, suram malam tak berbintang, itulah lukisan alam. Ya, sepenggal lirik lagu nasyid dari grup vokal snada ini mungkin menggambarkan masalah yang dibahas dalam buku The 5 Things We Cannot Change. Buku yang ditulis oleh seorang psikoterapis dan guru ini menekankan pada pandangan Jung, Transpersonal dan perspektif spiritual dalam karyanya.

Adalah David Richo, seorang dosen di Santa Barbara City College, Adult Education; University of California at Barkeley Extension; dan Esalen, yang akan memaparkan kepada kita hal-hal yang sudah tidak bisa kita ubah lagi, sebuah ketentuan hidup. Dengan sampul buku yang bernuansa malam, ditambah kutipan dari Reinhold Niebuhr yang berbunyi “Tuhan, berilah aku kedamaian untuk menerima hal-hal yang tidak dapat kuubah, keberanian untuk mengubah hal-hal yang bisa kuubah, dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaan keduanya”, buku ini memang menarik untuk kita ambil di rak-rak toko buku dan memboyongnya ke rumah sebagai bacaan.

Secara garis besar, buku ini menuntun kita untuk selalu menerima apapun yang diberikan oleh takdir, tidak menyangkalnya dan ikhlas untuk menjalaninya. Berkata “ya” selalu terselip dalam setiap bab dan subbab yang terdapat di pembahasan buku ini. Bahwa kita, seharusnya bisa mengendalikan ego dan tidak terkalahkan olehnya. Lima hal yang tidak dapat diubah tersebut antara lain:
1. Segala Sesuatu Berubah dan Berakhir
2. Banyak Hal yang Tidak Selalu Berjalan Sesuai Rencana
3. Hidup Tidak Selalu Adil
4. Penderitaan Adalah Bagian dari Hidup
5. Manusia Tidak Selalu Mencintai dan Setia

Pembaca akan dituntun bagaimana caranya mengatasi dan melewati ke lima masalah yang tidak bisa diubah tersebut. Pengulangan kalimat-kalimat pada bab-bab maupun pada setiap subbab yang ada membuat aku pribadi merasa jenuh dan bosan untuk membaca buku ini. Ditambah lagi terjemahan yang terlalu kaku, membuat kalimat-kalimat yang disusun oleh David Richo menjadi tersendat-sendat ketika membacanya. Namun pada akhirnya, aku rasa David Richo berhasil merubah mindset pembaca dengan memaknai hidup ini dari lima hal yang tidak bisa diubah tersebut melalui torehannya.

The 5 Things We Cannot Change

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s