7 Destinasi Yang Harus Kamu Kunjungi Di Macau


Sentuhan Portugis yang eksotis dan melekatnya budaya Cina yang otentik, menjadikan Macau sebagai destinasi wisata favorit para turis mancanegara. Perpaduan ini menghasilkan sebuah perkawinan budaya yang unik. Kita bisa menyaksikan tarian Portugis yang atraktif dilakukan oleh orang-orang Asia yang berkulit kuning dan bermata sipit dengan sangat luwes. Daerah yang setengahnya berada di Cina dan sebagian lagi terletak di Hongkong, menjanjikan berbagai tempat menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Wilayah Macau terbagi menjadi 4 (empat) distrik yang berbeda: Macau Peninsula, Taipa, Cotai, dan Coloane. Letaknya yang berada di tepi benua, membuat kita harus menggunakan kapal veri untuk bisa mencapai destinasi wisata ini. Akses untuk ke menuju Macau tidaklah sulit, ada bandara, terminal bis, persewaan mobil, dan bahkan terdapat becak untuk mengantar ke wilayah yang ingin kita kunjungi. Penduduk di sana pun sangat ramah terhadap turis-turis asing mancanegara, jadi bila tersesat, kita bisa bertanya tanpa khawatir akan hal buruk yang akan terjadi. Dan, yang paling hebat bin amazing, Macau memberlakukan Visa Free untuk negara-negara di berbagai penjuru dunia. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia sendiri adalah selama 30 hari. Asik kan?

 

1. Ruins of Saint Paul’s Cathedral

Bangunan kuno bekas jajahan Portugis, Ruins of Saint Paul’s Cathedral, masih berdiri dengan kokoh dan gagahnya di Macau. Gereja ini dibangun pada tahun 1580 silam. Terjadinya bencana kebakaran dan angin ribut membuat bangunan ini terus direkonstruksi dan direhabilitasi oleh pemerintah setempat. UNESCO pun turut andil dan menjadikan Ruins of Saint Paul’s Cathedral ini sebagai salah satu daftar kebudayaan dunia yang dilindungi di dunia.

 

Ruins of Saint Paul’s Cathedral, Macau

Ruins of Saint Paul’s Cathedral, Macau (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Riuhnya bangunan-bangunan kuno dari para pengunjung menjadi bukti kalau tempat ini memang menjadi incaran turis dari berbagai belahan dunia. Mengunjungi Macau tanpa pergi ke Ruins of Saint Paul’s Cathedral, seperti tidak bermakna apa-apa. Meski usianya tak lagi muda, bangunan bergaya Eropa ini masih tetap terlihat berjaya seperti pada masanya. Gue pribadi pun ingin berjelajah ke Ruins of Saint Paul’s Cathedral kalau suatu hari nanti ada kesempatan untuk ke Macau. Ingin banget!

2. Senado Square

Senado Square yang berada di Peninsula, telah berdiri sejak Dinasti Min, tahun 1368-1644 M. Tempat ini menjadi salah satu warisan kebudayaan yang dilindungi oleh UNESCO. Menurut gue, Senado Square sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah maupun para pecinta seni. Arsitektur desainnya itu cantik, bahkan jalanannya pun bercorak gelombang hitam yang bercirikan Negara Portugis.

 

Senado Square, Macau

Senado Square, Macau (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Berada di area seluas 3.700 m2, Senado Square menyajikan arena pusat perbelanjaan, restauran tradisional Cina, dan atraksi-atraksi menarik bin ajaib pun kerap dihadirkan di sini. Sebagai pusat kota dan tempat perayaan hari-hari besar, Senado Square menjadi salah satu ikon di Macau dan menjadi magnet para wisatawan untuk berkunjung serta liburan.

3. Macau Tower

Untuk para pecinta panorama keindahan kota yang mempesona, Macau Tower adalah jawabannya. Dari bangunan setinggi 338 meter ini, kita bisa menyaksikan Macau dari berbagai sudut yang tersedia. Sebagian kota Hong Kong dan Cina pun dapat terlihat bila cuaca sedang cerah. Sebagai penyandang predikat tower tertinggi nomor 10 di dunia dan nomor 8 di Asia, Macau Tower selalu menjadi target destinasi para turis untuk dikunjungi.

 

Macau Tower

Macau Tower (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Di Macau Tower, kita juga akan disuguhkan dengan berbagai hiburan lainnya seperti shopping mall, pergelaran teater , restauran, dan skywalk X: berjalan di sekeliling tower, sebuah pengalaman yang menegangkan! Oh, tak hanya itu saja, di Macau Tower juga terdapat sky jump dan bungee jump buat kalian yang ingin memacu dan menantang adrenalin untuk meluncur dari puncak tower! Woo Hoo!

 

4. A-Ma Temple

Kuil A-Ma yang terletak di sebelah tenggara Peninsula nan legendaris ini adalah asal-usul pemberian nama Macau. Suatu hari, seorang Pelaut Portugis mendarat dan mengunjungi A-Ma Temple. Orang Eropa tersebut bertanya kepada penduduk sekitar, “apa nama tempat yang baru saja dipijaknya tersebut?”. Seorang yang berdiri di depan kuil menyebutkan “Maa1 Gok3”, yang diterjemahkan oleh telinga orang Eropa tersebut menjadi “Macau”.

 

A-Ma Temple, Macau

A-Ma Temple, Macau (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Kuil A-Ma didirikan atas dedikasi seorang nelayan yang berhati malaikat bernama Matsu. Ia menyelamatkan seorang gadis kecil miskin yang ingin ikut menaiki perahu tetapi dilarang keras oleh pemiliknya. Si Matsu tetap mempersilakan gadis kecil itu untuk ikut berlayar dengan sembunyi-sembunyi. Di tengah perjalanan, tiba-tiba terjadi badai yang sangat besar. Seluruh awak kapal tewas dan hanya gadis itu yang selamat. Ia kemudian mendarat dengan sebuah kapal seorang diri di tempat tujuan. Untuk mengenang jasa si Matsu, nelayan baik hati tersebut, dibangunlah kuil A-Ma pada tahun 1448 Masehi.

5. Fisherman’s Wharf Amusement Park

Kita bisa bermain 24 jam non stop di Fisherman’s Wharf Amusement Park secara gratis! Dengan arsitektur desain yang kreatif serta atraktif, taman budaya ini menjadi salah satu favorit para turis domestik maupun asing. Dengan luas 111.500 m2, Fisherman’s Wharf Amusement Park menyandang gelar taman wisata bermain terbesar di Macau. Terdapat bermacam-macam bangunan bertema seaports (pelabuhan) dari berbagai penjuru dunia seperti Miami, Venice, Roma, Cape Town, Belanda dan yang lainnya. Jadi kita tidak akan bosan dan betah untuk merasakan keindahan eksterior bangunan tematik di Fisherman’s Wharf Amusement Park ini.

 

Fisherman's Wharf, Macau

Fisherman’s Wharf, Macau (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Fisherman’s Wharf secara resmi dibuka pada tahun 2006. Tempat ini mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 1 km dari pelabuhan kapal feri. Tersedia 150 toko dan restaurant untuk berbelanja dan mengisi dahaga para pemburu kuliner dunia. One stop entertaining spot ini paling direkomendasi untuk para pecinta hiburan yang tak pernah ingin berhenti.

6. Guia Fortress

Pada awalnya, Guia Fortress dibangun sebagai pertahanan wilayah Macau dari serangan musuh di laut. Namun seiring berlalunya waktu, berkat keindahan desain dan arsitekturnya, Guia Fortress menjadi sebuah obyek wisata yang diminati oleh banyak orang. Dengan desain eksterior bernuansa putih dan emas, bangunan ini memiliki keunikan tersendiri untuk dikunjungi.

 

Guia Fortress, Macau

Guia Fortress, Macau (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Bangunan setinggi 91 meter ini bisa memancarkan cahayanya hingga jarak 20 mil bila cuaca sedang cerah. Secara resmi, di tahun 1976 Benteng Guia berubah fungsinya dari area tertutup khusus kemiliteran menjadi destinasi wisata. Sejak saat itulah Guia Fortress mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan dari internasional.

 

 7. Grand Prix Cicuit

Jangan lewatkan dan sempatkan diri kalian untuk ke Grand Prix Circuit bila ke Macau pada bulan November! Sirkuit yang terkenal ini pasti tengah mengadakan perlombaan adu kencang dan dipenuhi oleh ratusan pembalap andalan dari berbagai penjuru dunia. Uniknya, sirkuit ini biasa digunakan untuk kedua jenis balapan baik mobil maupun motor dari berbagai kategori yang ada, seperti motor racing, single seat, touring cars dan motorbikes. Dan asiknya lagi, tempat ini bukan selama 24 jam serta untuk memasukinya tanpa dipungut biaya sepersen pun alias gratis (kecuali ada pertandingan)!

 

Macau Grand Prix

Macau Grand Prix (Photo: macautourism.gov.mo)

 

Macau Grand Prix Sirkuit didirikan pada tahun 1963 Dengan panjang sirkuit 6.2 KM Macau Grand Prix Circuit melintasi beberapa tempat wisata lain seperti pelabuhan terluar kapal feri, Fisherman’s Wharf, dan Lisoba. Pada tahun ini, tepatnya tanggal 13-16 November 2014, akan diadakan kejuaraan Grand Prix yang ke 61 di Macau Grand Prix. Rasakan ketegangan balapan yang terjadi di sirkuit secara langsung. Sensasi angin kencang dari kendaraan yang tengah melencang akan membuat liburan di Macau menjadi pengalaman yang takkan terlupakan.

 

 

 

 

Liked Facebook MGTO

Liked Facebook MGTO

Followed Twitter @VIVA_log dan @macauindonesia

Followed Twitter @VIVA_log dan @macauindonesia

Tweet 7 Destinasi Yang Harus Kamu Kunjungi Di Macau

Tweet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s