Tips Sukses Online Shopping


Tips Sukses Online Shopping

Tips Sukses Online Shopping

Tips Sukses Online Shoping

1. Harga Bersaing

Jangan terlalu mengambil keuntungan yang berlebih, terutama jika kamu menjual kepada reseller. Ambil keuntungan secukupnya saja. Ikuti falsafah Tionghoa: “untung sedikit tidak masalah, yang penting barang yang terjual banyak”. Dengan begitu, OL Shop kamu akan dikenal sebagai OL Shop yang menjual dengan harga miring. Orang akan banyak mengenalmu dari mulut ke mulut.

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan guru SMP saya, Pak Iim Ibrahim di sebuah ATM, Pamulang. Beliau ini seorang guru dan entrepeneur sejati. Ada yang pernah merasakan Nasi Tutug Oncom, Pamulang? Yep, itu adalah salah satu lini bisnis Guru saya tersebut. Beliau memiliki beberapa bisnis lainnya selain Nasi Tutug Oncom, di antaranya: Ayam Bakar 44 (terletak di pasar Cimanggis), percetakan buku, dan saat ini tengah merintis sebuah produk alas kaki. Beliau juga sempat membangun bisnis spare part kendaraan bermotor. Namun sayangnya, lini bisnis yang satu itu harus gulung tikar.

“Saya gak kuat, Mad (saya dipanggil Achmad ketika SMP), bisnis spare part. Kalah saing harga sama orang China (Tionghoa). Mereka margin keuntungannya tipis banget.” Kata Pak Iim kepada saya di tengah perbincangan.

Belakangan, setelah membaca buku “Rahasia Bisnis Orang China, Noura”, saya baru tahu kalau rumusan bisnis mereka adalah: untuk tipis x banyak x sering. Sesederhana itu.

2. Jalin Kepercayaan

Jujurlah kepada para customer. Tampilkan gambar-gambar produk yang tajam dan sesuai dengan barang yang kamu jual. Bangun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path untuk memasarkan produk-produk kamu kepada masyarakat. Jangan buat kecewa mereka sekalipun saja. Buatlah toko online kamu terpercaya, maka penyebaran dari mulut ke mulut pun akan menjadi masif dan menjadi salah satu alat marketing yang cepat dan murah.

3. Pelayanan

Menjual barang secara online memang gampang-gampang susah. Beri pelayanan yang terbaik agar customer melakukan repeat order. Salah satu alasan orang membeli sebuah barang di sebuah toko adalah karena pelayanannya yang memuaskan. Buat mereka nyaman dengan keramah-tamahan namun tidak menekan. Beri apa yang mereka mau dan selalu masukkan emoticon senyum di akhir kalimat kalian.🙂

4. Promo

Lakukan promo-promo menarik dan unik. Hal ini akan mengikat customer dan membuat OL shop kamu berbeda dari yang lainnya. Mereka akan menanti, promo apa lagi yang kira-kira OL Shop kamu buat untuk bisa customer dapatkan. Promo bisa berbentuk diskon hari-hari khusus/hari besar, potongan harga untuk pembelian harga tertentu, gratis ongkos kirim, atau berupa hadiah yang masih berkaitan dengan barang yang kamu jual.

Contoh:

  • Jual sepatu x, berhadiah kaoskaki!
  • Diskon 14% di hari Valentine
  • Gratis ongkir wilayah Jabodetabek

5. Berdoa

Segigih apapun usaha kamu, tanpa diiringi do’a semua akan sia-sia. Mintalah kepada Tuhan untuk dilancarkan segala urusan kamu. Tenang, meski OL Shop itu menjamur dan sudah banyak, jumlah penduduk Indonesia sekitar 265.000.000 jiwa (dua ratus enam puluh lima juta), rezeki dari Tuhan tidak akan tertukar. Dari sekian banyak penduduk Indonesia, 1% saja bisa mencapai angka 2.650.000 (dua juta enam ratus lima puluh ribu) orang, potensial buyer tersebut bisa saja membeli di OL Shop kamu jika kamu bersungguh-sungguh dan berdoa.

Semoga bermanfaat.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s